Hasil Evaluasi BPKP Aceh, 8 Kinerja PDAM di Aceh Sakit

5328
Kepala Perwakilan BPKP Aceh, Indra Khaira Jaya. | Foto: KBA.ONE, Komar
Kepala Perwakilan BPKP Aceh, Indra Khaira Jaya. | Foto: KBA.ONE, Komar

ACEHTIME.com – Berdasarkan hasil evaluasi kinerja Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Aceh tahun 2020, pada 20 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Wilayah Aceh, terdapat delapan kinerja PDAM di Aceh berpredikat sakit.

Kepala Perwakilan BPKP Aceh, Indra Khaira Jaya, mengatakan evaluasi kinerja 20 PDAM tersebut menggunakan indikator ukuran kinerja yang ditetapkan oleh Badan Peningkatan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM).

“Dari 20 PDAM di Aceh yang dievaluasi, enam PDAM berpredikat sehat, enam PDAM berpredikat kurang sehat dan delapan PDAM berpredikat sakit,” kata Indra, saat konferensi pers terkait hasil pengawasan perwakilan BPKP Aceh tahun 2020, di Library Cafe Seuramoe 01 BPKP Aceh, Kamis 28 Januari 2021.

Indra menyebutkan enam PDAM berpredikat sehat yakni PDAM Aceh Besar, PDAM Langsa, PDAM Sabang, PDAM Bireuen, PDAM Aceh Tengah dan PDAM Banda Aceh. Enam PDAM dengan predikat kurang sehat, PDAM Aceh Tamiang, PDAM Singkil, PDAM Aceh Timur, PDAM Pidie, PDAM Gayo Lues dan PDAM Aceh Utara.

“Untuk delapan PDAM berpredikat sakit, PDAM Lhokseumawe, PDAM Aceh Barat Daya (Abdya), PDAM Simeulue, PDAM Bener Meriah, PDAM Pidie Jaya, PDAM Aceh Selatan, PDAM Aceh Barat dan PDAM Aceh Tenggara,” sebutnya.

Indra menjelaskan adapun indikator yang digunakan dalam evaluasi, kata Indra, sesuai dengan ukuran kinerja yang telah ditetapkan BPPSPAM mencakup dari aspek keuangan, pemeriksaan rasio keuangan dan kas, dari aspek pelayanan, dilihat dari cakupan pelayanan teknisnya, pertumbuhan pelanggan dan kualitas air. Kemudian, dari aspek operasional seperti tingkat kekurangan air.

“Delapan sakit dan enam tidak sehat, ini yang paling menyedihkan, karena PDAM kan entitas terpenting saat ini dalam memberikan pelayanan air bersih untuk publik,” ujarnya.***

Sumber : KBA

Apa Komentar Anda?

Komentar