by

Jalan Cot Iri – Darussalam  Terancam Makan Korban

ACEHTIME.com – Sepanjang jalan bantaran Krueng Aceh dari Cot Iri, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar hingga perbatasan Darussalam, Kota Banda Aceh mengalami rusah parah dan terancam makan korban.

Pantauan media acehtime.com ke lokasi, Minggu (10/01/2021) terdapat bayak lubang jalan yang menganga. Bahkan di beberapa titik nyaris tidak dapat  dilalui oleh kenderaan kecil.

Hasbi, seorang pengendara yang diwawancarai menyebutkan, jalan tersebut sudah satu tahun lebih dibiarkan rusak. “Sudah satu tahun lebih jalan ini rusak parak, sampai saat ini belum ada yang peduli,” kata nya.

Tokoh masyarakat Aceh Besar H. Musa Bintang,  sangat menyayangkan kondisi jalan tersebut. Padahal kata dia, jalan tersebut adalah akses menuju tiga kampus besar di Aceh. Yaitu, Univesitas Syiah Kuala, UIN Ar-Raniry dan kampus Abulyatama Aceh.

“Saya dengar jalan ini masih dalam kewenangan Balai Wilayah Sungai (BWS)  Sumatera -I. Saat ini pihak balai sedang gencar-gencarnya menertibkan kawasan  bantaran sungai krueng Aceh, tapi akses jalan yang rusak parah seakan tidak.diperdulikannya. Ini naif, satu sisi pemerintah menginginkan pendidikan yang unggul di Aceh,   tapi disisi lain akses jalan menuju tempat pendidikan dibiarkan rusak parah, bagaimana pendidikan bisa maju? Musa Bintang mempertanyakan.

Sejumlah warga yang tinggal di sepanjang jalan itu mengakui, kerusakan jalan tersebut diakibatkan oleh truck-truck besar pengangkut material proyek dan truck pengangkut alat berat. “Tiap hari hingga malam sangat banyak truk besar melintasi jalan ini, padahal sudah ada panflet larangan truck besar masuk ke jalan ini, tapi mereka tidak menggubrisnya,” akui warga.

Warga lain yang namanya tidak mau ditulis menyebutkan, akibat kerusakan jalan itu, sudah sering terjadi kecelakan tunggal,   terutama pada musim hujan, akibat banyak genangan air sehingga kenderaan terperosok ke lubang jalan. (Ali)

Apa Komentar Anda?

Komentar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed