Empat Dayah Lolos Final Musabaqah Fahmil Kutub Provinsi Aceh

3560

ACEHTIME.com – Musabaqah Fahmil Kutub (MFK) tingkat Provinsi Aceh tahun 2020 memasuki babak final, para kafilah pun sudah memperagakan kebolehannya. Namun, tak semua bernasib sama, sebab menang dan kalah adalah kodratnya perlombaan yang hanya menyisakan dua pilihan. Yaitu, lanjut atau pulang.

Itulah sekelumit gambaran kegiatan yang sedang berlangsung di komplek Dayah Ulee Titi, Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. 15 Perwakilan Dayah bersaing memperebutkan posisi puncak pada perhelatan akbar itu. Akan tetapi, hanya empat yang tersisa, selebihnya harus ihklas meninggalkan panggung berngengsi dunia santri untuk pagelaran tahun 2020.

Ketua Panitia Tgk. Riza Fatahillah menyebutkan, sebelumnya ada 16 perwakilan dayah yang mendaftar, namun menjelang perlombaan satu diantaranya berhalangan hadir, sehingga hanya 15 perwakilan yang diikut sertakan.

“Alhamdulillah semua peserta sudah berlomba dengan sangat baik dan penuh sportifitas. Namun keputuasan juri adalah hal mutlak yang mesti diterima oleh semua pihak. Ada empat perwaklilan dayah yang masuk babak final berdasarkan jumlah nilai, yaitu Dayah Babul Muarrif Serambi Aceh memperoleh nilai 2.400, Dayah Madinattudiniyah Babussalam dengan total nilai 2.300, Dayah Madinatul Fata Banda Aceh mengumpulkan nilai 2.000 dan Dayah Raudhatul Ma’arif Cot trueng mendapatkan nilai 1.850.” ujar Tgk. Riza Fatahillah, Senin (26/10/2020)

Terpisah, sekretaris Dayah Ulee Titi Tgk. Jufri yang kerap disapa Paman Joe mengatakan, perlombaan final MFK akan dilangsungkan pada hari Selasa (28/10/2020) malam. Sebab disediakan kelonggaran waktu istirahat untuk finalis yang akan melanjutkan lomba.

“Semua rangkain acara nantinya akan di tutup oleh Pimpinan Dayah Ulee Titi Abu H. ‘Athaillah Ishaq Al-Amiriyah Titi pada malam Kamis tanggal 29 Oktober 2020 usai do’a bersama untuk Almarhum Abu Chiek Ulee Titi. Dilanjutkan denga Tausiah yang disampaikan oleh para guru alumni, yaitu Abu H. Muhammad MJ (Pimpinan Dayah Darul Aman lubok), Abu H. Abdad Ahmad (Pimpinan Dayah Raudhatul Jannah Blang Bintang) dan Abi H. Hasbi Albayuni (pimpinan Dayah Thalibul Huda Bayu – Lamcot) ujar Paman joe.

Lebih lanjut, Paman joe menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat karena rangkaian acara memperingati Maulid Nabi dan Haul Abu Chiek tahun ini tidak terbuka untuk umum seperti tahun-tahun sebelumnya mengingat kondisi yang tidak memungkinkan. Namun acara tersebut tetap akan disiarkan langsung melalui akun instagram Ulee Titi, akun YouTube Ulee titi Channel dan Radio Qu 93.6 FM.

Sebelunya diberitakan. Yayasan Pendidikan Islam Dayah Ulee Titi, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar akan menggelar Musabaqah Famil Kutub (MFK) tingkat Provinsi Aceh tahun 2020 di komplek Dayah tersebut.
Kegiatan yang dikemas dengan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional itu, juga bertepatan dengan Haul pendiri Dayah Ulee Titi, Abu H. Ishaq Al-Amiry (Abu Chik Ulee Titi).

Dayah Ulee Titi Gelar Musabaqah Fahmil Kutub Tingkat Provinsi Aceh

Hal itu disampaikan Sekretaris umum Dayah Ulee Titi Tgk. Jufri didampingi ketua panitia Tgk. Ridha Fathahillah di Komplek Dayah Ulee Titi, Gampong Siron, Kamis (22/10/2020).

Tgk. Jufri menyebutkan, acara dimulai dengan lomba baca kitab, lomba nasyid antar Qabilah, lomba rangking satu se- dayah Ulee Titi, dan lomba memahami isi kitab kuning untuk santri dayah Se-Aceh.

“Perlombaan sudah dimulai sejak tanggal 19 Oktober 2020, yang diikuti oleh santri Dayah Ulee titi. Insya Allah mulai hari ini, kamis 22 Oktober 2020 akan di ikuti oleh 16 perwakilan Dayah se-Aceh.” Ujar Tgk. Jufri

Terkait pandemi Covid-19 dan masa new normal, Tgk. Jufri memastikan akan tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) yang telah ditetap pemerintah. “Seluruh peserta, panitia dan semua yang terlibat pada kegiatan ini harus mengikuti rapid test,” tegasnya. Rapid test tersebut nantinya akan melibatkan pihak Puskemas Kecamatan Ingin Jaya dan dibantu oleh petugas klinik Dayah Ulee Titi. Demikian Tgk. Jufri. (ali)

Apa Komentar Anda?

Komentar