Markas BPBA Jadi Sekretariat Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

127
Sunawardi

ACEHTIME.com | BANDA ACEH – Markas Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) di Jalan Tgk Daud Beureueh Banda Aceh dijadikan Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus (Covid-19). Selain menempatkan personel, sekretariat tersebut juga dilengkapi fasilitas pendukung termasuk pusat informasi secara realtime guna menjawab hak tahu masyarakat.

Mengutip informasi dari laman http://bpba.acehprov.go.id, pembukaan sekretariat di BPBA sebagai tindaklanjut Surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor 440/924/2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di Aceh.

Terkait dengan itu, pada Rabu 18 Maret 2020 Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, Ir. Sunawardi, M.Si memimpin rapat koordinasi (rakor) di Media Center Pemerintah Aceh. Rakor tersebut dihadiri Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, para Kepala Bidang Dinas Kominsa Aceh serta Kadis Kominsa melalui video streaming. Juga hadir Juru Bicara Pemerintah Aceh dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Rakor Percepatan Penanganan Covid-19 dipimpin Kalak BPBA, Sunawardi di Media Center Pemerintah Aceh, Rabu 18 Maret 2020. DOK BPBA

Melalui rakor tersebut dihasilkan sejumlah keputusan, di antaranya penetapan Sekretariat Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh di BPBA dan Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) akan mengirim perwakilannya untuk memperkuat Tim Sekretariat Posko terhitung sejak Maret hingga Mei 2020.

Menyangkut kelancaran desiminasi informasi terkait percepatan penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Aceh, dipersiapkan media video teleconference oleh BPBA bersama Diskominsa.

Sedangkan menyangkut rilis berita maupun video teleconference akan dikendalikan oleh Juru Bicara Pemerintah Aceh bersama tim media. Mengenai jadwalnya disepakati secara harian, misalnya setiap pukul 10.00 WIB.

Di samping mempersiapkan personel dari SKPA, juga dilengkapi peralatan/fasilitas pendukung termasuk pembukaan dapur umum lapangan milik BPBA selama keberadaan posko tersebut.

Sunawardi juga menjelaskan, dalam beberapa hari ke depan BPBA akan memasang baliho di beberapa titik strategis terkait upaya Pemerintah Aceh dalam pencegahan Covid-19. Materi sosialisasi yang disepakati untuk tahap pertama berupa imbauan dari Forkopimda Aceh terkait dengan Covid-19 sehingga masyarakat bisa terhindar dari wabah tersebut. “Kita juga bekerjasama dengan PT Telkomsel untuk menyebarkan SMS Blast,” demikian Kalak BPBA. (Redaksi/rilis-DAE)

Apa Komentar Anda?

Komentar