Terkait Dampak Virus Corona, Pengurus Dewan Masjid Imbau Jamaah Gejala Flu Agar Shalat di Rumah

206
Imbauan Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia.


ACEHTIME.com | JAKARTA –
Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP-DMI) mengeluarkan imbauan ‘Sanitasi Siaga Masjid Mushalla’ sebubungan dengan dampak wabah virus corona (Covid-19) yang sedang melanda dunia saat ini.

Imbauan Nomor 041/PP-DMI/A/II/2020 tertanggal 2 Maret 2020 tersebut diteken H. M. Jusuf Kalla (Ketua Umum) dan Imam Addaruqutni (Sekretaris Jenderal).

Imbauan berisi enam poin itu ditujukan kapada seluruh jajaran Pimpinan Wilayah, Daerah, Cabang, dan Ranting untuk melakukan langkah sanitasi siaga bersama DKM dan takmir masjid/mushalla.

Keenam poin imbauan tersebut yaitu:

  1.  Teratur menjaga kebersihan lantai masjid/mushalla dengan cairan disinfektan;
  2. Menjaga kebersihan karpet dan alas shalat lainnya dengan rutin/konstan (penggunaan vacuum cleaner atau alat pembersih lainnya sangat dianjurkan);
  3. Menjaga kebersihan tempat wuduk dan toilet dengan cairan disinfektan;
  4. Mengimbau para jamaah shalat agar membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing;
  5. Meminta para jamaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu/selesma agar melaksanakan shalat di rumah hingga sembuh;
  6. Ikut mengawasi penyebaran/penularan virus corona (Covid-19) dan melakukan upaya tanggap/melaporkan jika ada warga masyarakat dicurigai terdampak virus corona, khususnya di sekitar masjid/mushalla.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki masjid dan mushalla terbanyak di dunia.

Data yang disampaikan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) H. M. Jusuf Kalla jumlah masjid dan mushalla di Indonesia mencapai 800.000.

“Alhamdulillah, setiap 220 orang di suatu daerah pasti ada masjid,” kata Jusuf Kalla saat menjadi pembicara pada Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII di Pangkalpinang, Kamis 27 Februari 2020 seperti dikutip Antara (Redaksi/rilis)

Apa Komentar Anda?

Komentar