RSUDZA Banda Aceh Rutin Serukan Pesan Keselamatan Hadapi Bencana

630


ACEHTIME.com | BANDA ACEH – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) menjadi salah satu pusat layanan publik yang terpantau rutin menyerukan pesan keselamatan menghadapi bencana.

Dalam beberapa kali kunjungan ke RSUDZA — terutama saat mengawali tugas pagi— tim acehtime.com mendengarkan pesan keselamatan yang disampaikan melalui sound system rumah sakit yang terintegrasi ke semua ruangan.

RSUDZA Banda Aceh.
Pesan audio yang menjadi bagian dari upaya pengurangan risiko bencana itu berdurasi sekitar 1,5 menit.

Pesan itu diawali dengan ucapan selamat datang ke RSUDZA sambil memperkenalkan beberapa bagian utama struktur bangunan termasuk pintu-pintu darurat bertuliskan exit.

Jika terjadi bencana, seperti kebakaran, gempa, dan lainnya maka diminta untuk keluar melalui jalur-jalur darurat atau pintu yang ada tulisan exit.

Ikuti arahan petugas menuju titik-titik aman di sekitar rumah sakit termasuk area parkir. Bagi yang sudah ke luar diingatkan agar tidak kembali untuk mengambil barang-barang yang tetinggal.

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh, Nasir Nurdin mengapresiasi manajemen RSUDZA yang menurutnya telah melakukan “upaya yang benar” di negeri yang rawan bencana.

“Bencana sulit diprediksi dan tak mungkin dihadang. Yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir risikonya,” kata Nasir.

F-PRB Aceh juga mengimbau seluruh pengelola fasilitas publik, seperti perkantotan, hotel, restoran, tempat wisata, dan lain-lain untuk menyiapkan jalur evakuasi untuk meminimalisasi dampak bencana.

“Secara rutin harus diberitahukan kepada pengunjung tentang denah bangunan, pintu-pintu darurat, jalur evakuasi, dan titik kumpul ketika penyelamatan saat terjadi bencana. Itu penting terus disuarakan sebagai bentuk tanggung jawab bersama menghadapi bencana sekaligus mengurangi risikonya,” demikian Nasir Nurdin.(*/redaksi)

Apa Komentar Anda?

Komentar