Bantuan Aceh untuk Korban Tsunami Selat Sunda Terus Mengalir

635
Beberapa momen penyerahan bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda baik yang berasal dari SKPA, organisasi/lembaga maupun dari aktivis mahasiswa. DOK BPBA


ACEHTIME.com | BANDA ACEH – Bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda yang digalang oleh Pemerintah Aceh terus mengalir. Data sementara hingga Rabu (2/1/2019) telah terhimpun bantuan uang Rp 180 juta lebih.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), HT Ahmad Dadek dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan, sehari pascatsunami Selat Sunda, tepatnya mulai 23 Desember 2018, pihaknya langsung melakukan penggalangan bantuan dengan melibatkan Forum Perngurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh sebagai salah satu unsur pendukung.

“Alhamdulillah, data sementara hingga hari ini (Rabu, 2 Januari 2019), dana yang terhimpun sudah lebih Rp 180 juta baik yang masih komitmen maupun yang sudah merealisasikan,” kata Dadek didampingi Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin.

Hingga saat ini penggalangan bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda terus berlangsung dan bantuan dari berbagai kalangan terus mengalir. “Untuk sementara belum bisa kita pastikan bentuk bantuan yang akan kita salurkan karena harus melihat dulu besaran dana yang berhasil kita himpun,” ujar Dadek.

Sedangkan sebelumnya, melalui aksi ‘Aceh Peduli Lombok’ terhimpun dana sekitar Rp 1,3 miliar dan sudah dimanfaatkan untuk pembangunan Masjid An-Nur di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara yang hancur total akibat gempa 8 Agustus 2018. Masjid yang diberi nama An-Nur Aceh tersebut diharapkan sudah berfungsi pada Ramadhan tahun ini.

Selanjutnya, masyarakat Aceh juga mengulurkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami Palu-Donggala yang terjadi pada 28 September 2018. Jumlah bantuan yang terhimpun hingga terjadi tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018 mencapai Rp 3,1 miliar.

Bantuan yang dihimpun melalui ‘Donasi Aceh untuk Palu’ juga dimanfaatkan untuk membangun masjid yang lokasinya di Kota Palu sebagaimana rekomendasi tim yang ditugaskan oleh Pemerintah Aceh. “Mudah-mudahan bantuan yang kita galang untuk korban tsunami Selat Sunda juga bisa kita gunakan untuk membangun masjid, insya Allah,” ujar Dadek.

Tim Penggalangan Bantuan Aceh untuk Korban Tsunami Selat Sunda menyerukan kepada semua elemen masyarakat untuk segera mencatatkan komitmen donasi melalui Kalak BPBA, HT Ahmad Dadek, HP/WA ‭0812 6933147 atau Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin, HP/WA 0811688898.

Bantuan juga bisa diantar langsung ke Kantor BPBA di Banda Aceh atautransfer ke Bank Aceh Syariah Capem Neusu No. Rek. 015.01.02.0000034 a/n Aceh untuk Tsunami Selat Sunda atau Bank BRI KCP Peunayong No. Rek. 2056.01.000371. 30.3 a/n Aceh untuk Tsunami Selat Sunda.

“Perkembangan bantuan kita update secara harian dan di-share kepada masyarakat melalui jejaring media sosial bahkan langsung ke jaringan pribadi (WhatsApp) para donatur atau calon donatur,” timpal Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin. (*/redaksi)

Apa Komentar Anda?

Komentar