Empat Organisasi Pers di Aceh Kirim 55 Anggota Ikuti Bimtek Wartawan

314


ACEHTIME.com | BANDA ACEH – Empat organisasi pers di Aceh—Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), dan Pewarta Foto Indonesia (PFI)—mengirim anggota mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Wartawan 2018 yang dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Banda Aceh dan Aceh Besar, 25-27 September 2018.

Informasi yang diterima ACEHTIME.com menyebutkan, Bimtek Wartawan 2018 di Aceh dijadwalkan berlangsung 25-27 September 2018 dengan muatan materi lokal (indoor) dan praktikal (outdoor).

Untuk materi indoor akan dipusatkan di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh sedangkan outdoor di Pantai Pulau Kapok, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Pihak BNPB akan menghadirkan sejumlah pamateri dan instruktur berskala nasional bahkan internasional untuk membahani tentang liputan kebencanaan berbasis media cetak, elektronik maupun online.

Serangkaian persiapan awal telah dilakukan oleh pihak BNPB seperti pertemuan dengan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), pimpinan organisasi pers termasuk lembaga terkait seperti PMI, Basarnas, dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh. Menurut rencana kegiatan tersebut akan dibuka oleh Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BNPB RI, Dr. Sutopo Pujo Nugroho.

Bimtek Wartawan bertujuan antara lain untuk meningkatkan kemitraan antara wartawan dengan semua pihak yang terlibat dalam penanggulangan bencana termasuk meningkatkan pengetahuan dalam memproduk berbagai laporan bencana serta isu-isu yang terkait pengurangan risiko bencana. Selain itu wartawan juga dibekali latihan dasar penyelamatan diri seperti water rescue.

Menurut data dari masing-masing organisasi pers, jumlah peserta yang akan mengikuti Bimtek Wartawan Aceh 2018 sebanyak 55 orang dengan rincian dari unsur PWI 15 orang, AJI 15 orang, PFI 15 orang, dan IJTI 10 orang.(*/rel)

Apa Komentar Anda?

Komentar