Banyak Keuntungan Mengisi Nitrogen pada Ban Kendaraan, Namun Harus Tetap Hati-hati

140
ILUSTRASI/GOOGLE
ACEHTIME.com – Ban nitrogen adalah sebutan untuk ban dari kendaraan kita yang diisi udara berjenis nitrogen. Jenis ban kendaraan itu bisa berupa ban sepeda motor, ban mobil, atau bahkan ban dari sepeda kayuh kita. Pengisian angin ban berjenis nitrogen kini juga telah mudah didapatkan, utamanya bagi yang berada di area perkotaan. Pasalnya hampir di semua SPBU (stasiun pengisian bahan bakar untuk umum) telah disediakan tempat pengisian gas nitrogen ini.
Seiring perkembangannya, penggunaan ban dengan isi gas nitrogen juga semakin meningkat. Ini merupakan kabar yang sedikit menggembirakan, karena dengan fenomena itu bisa kita simpulkan bahwa kesadaran orang dalam berkendara secara aman dan nyaman demi mendapatkan keselamatan juga semakin meningkat.

Keuntungan
Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa didapatkan ketika kendaraan menggunakan ban isi gas nitrogen.
• Tak Cepat Panas
Penggunaan ban dengan isi gas nitrogen ini memiliki keuntungan dalam mereda panas, karena ban dengan isi nitrogen ini memiliki jumlah molekul lebih banyak. Kenyamanan dalam berkendara dan menumpanginya pun semakin dirasakan, karena ban yang dikendalikan akan terasa lebih lembut yang hal ini akan bisa dirasakan ketika berkelok-kelok dan naik turun jalannya.
Kelembutan pada ban ini terjadi pasalnya nitrogen memberikan bantuan ban untuk tetap elastis kulit karetnya.
• Tekanan Stabil
Meskipun berada pada berbagai cuaca dan suhu, ban dengan isi nitrogen ini memiliki tekanan yang tetap stabil. Alasannya karena kandungan air yang ada di dalam gas nitrogen tersebut lebih rendah dibandingkan udara non-nitrogen. Selain itu, gas nitrogen juga memiliki kemampuan dalam menutup pori-pori ban.
• Usia Panjang
Dari kelebihan-kelebihan di atas, kondisi ban pun tak akan segera rusak karena proses pemuaian juga acap terkendali. Dengan begitu, kenyamanan bukan saja terletak pada proses mengendarai dan atau menumpanginya, akan tetapi nyaman juga pada kantong kita karena kita tak akan cepat menggantinya. Dengan kata lain, ban dengan isi nitrogen akan lebih awet.

Bagus namun Tetap Waspada
Beberapa keuntungan di atas memang cukup menggiurkan kita. Hanya saja jangan terlalu terlena, pasalnya tetap ada beberapa hal lain yang juga tak bisa diabaikan demi mendapatkan keselamatan. Di antaranya adalah sebagai berikut;
• Jangan Dicampur
Gas nitrogen dalam ban usahakan untuk tidak dicampur dengan udara biasa. Artinya, ketika Anda mengisi angin ban dengan gas nitrogen, upayakan dikosongkan dulu isi angin dalam ban itu. Pencampuran isi gas nitrogen dengan udara biasa dalam ban ini musti dihindari karena dengan mencampurnya justru akan membuat sifat gas nitrogen itu menjadi berkurang, sehingga bukan tidak mungkin justru akan membuat tak nyaman.
• Hindari Parkir Terlalu Lama
Ketika ban Anda telah diisi menggunakan gas nitrogen, alangkah baiknya pada saat berhenti dan parkir, untuk tidak berlama-lama. Pasalnya dengan parkir terlalu lama maka tekanan ban itu justru akan semakin cepat menurun. [ensiklo.com/redaksi acehtime.com]

Apa Komentar Anda?

Komentar