Festival Meugang; Dari Atraksi Plah Ulee Leumo sampai Kuah Beulangong

264


ACEHTIME.com | BANDA ACEH – Yayasan Khadam Indonesia (YKI) bekerjasama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh menggelar satu kegiatan bertajuk Festival Meugang yang dipusatkan di Jalan HT Daudsyah, Peunayong, Banda Aceh, Senin, 20 Agustus 2018 mulai pukul 08.30 hingga 16.00 WIB.

Direktur YKI, Faisal Ilyas yang sekaligus sebagai penanggung jawab kegiatan mengatakan, kegiatan sehari itu bertujuan antara lain untuk merawat dan melestarikan tradisi ke generasi milenial dan menambah nilai tradisi meugang dengan berbagai informasi dan pengetahuan histori tradisi.
Sedangkan manfaat kegiatan sebagai media edukasi bagi generasi milineal untuk terus melestarikan tradisi ini dan menjadi bagian destinasi wisata masyarakat luar Aceh.

Festival Meugang tersebut akan diisi dengan rangkaian kegiatan atraksi plah ulee leumo (bongkar isi dalam kepala sapi), Expo histori meugang, pameran meugang, kuah beulangong, dan performance musik dari artis lokal.
“Rangkaian kegiatan dipastikan akan semakin menarik karena adanya atraksi plah ulee leumo yang dikompetisikan,” kata Faisal didampingi rekannya, Fachmi Ibrahim.

Faisal berharap setelah kegiatan ini ada sebuah keinginan berkelanjutan penyelenggaraan Festival Meugang, sehingga dapat menambah nilai (value) terhadap tradisi yang hanya ada di Aceh ini.(*/SA)

Apa Komentar Anda?

Komentar