Kemensos Targetkan 100 Kampung Siaga Bencana Terbentuk Pada 2018

127

 

HARRY HIKMAT

ACEHTIME.com – Kementerian Sosial (Kemensos) RI menargetkan membentuk 100 Kampung Siaga Bencana (KSB) pada 2018 sebagai bagian dari upaya pemerintah mendorong kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. 

Informasi itu disampaikan Direktur Jendaral Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, Harry Hikmat di Pangandaran usai mengukuhkan Desa Kalijati, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran sebagai KSB ke-609 di Indonesia, Selasa (31/7). 

Dirjen mengingatkan, tinggal di lokasi rawan bencana bukan berarti hidup dalam kekhawatiran. Bukan pula menunggu bencana datang baru menggerakkan dan melatih warga kesiapsiagaan menghadapi bencana. 

“Tapi kita harus menyadari betul bahwa Indonesia adalah daerah dengan risiko rawan bencana sehingga harus selalu siaga. Dalam hal kewaspadaan, tentunya masyarakat yang lebih mengetahui kondisi wilayahnya masih-masing karena merupakan tempat tinggal mereka,” terangnya. 

Menurut Dirjen, KSB merupakan wadah penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang dijadikan kawasan atau tempat untuk program penanggulangan bencana. 

“Hingga Juli 2018, jumlah KSB mencapai 609 dan diharapkan terus bertambah hingga 100 KSB pada akhir 2018,” ungkap Dirjen.

Beberapa titik yang tengah disiapkan untuk menjadi KSB adalah Kabupaten Sumba Timur di Provinsi NTT, Kabupaten Lombok Timur di NTB, Kabupaten Pulau Buru Selatan di Provinsi Maluku dan Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah. (redaksi)

Apa Komentar Anda?

Komentar