Dampak Gempa Bisa Dicegah dengan Tindakan Ini, yang Penting jangan Panik

358

ACEHTIME.com – Mengurangi risiko atau mencegah dampak gempa harus dilakukan secara tepat dan terukur dengan memperhatikan lokasi atau medan dimana Anda berada. Kuncinya, jangan panik.

Para aktivis yang bergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh terus berupaya memberikan edukasi dan pengetahuan praktis tentang bagaimana mengurangi dampak bencana, termasuk gempa bumi dengan berbagai akibatnya.

Khusus bencana gempa, setidaknya ada tiga hal penting yang harus selalu menjadi perhatian bagi masyarakat yang ditakdirkan hidup di negeri rawan bencana.

Ketika kondisi normal,  persiapkan diri dengan pengetahuan kebencanaan sebagai bagian kesiapsiagaan. Misalnya, memetakan potensi bahaya di sekitar rumah; memastikan bangunan rumah tahan gempa; perhatikan posisi pintu, tangga darurat, dan lokasi aman; siapkan perlengkapan siaga bencana; biasakan melakukan simulasi bencana bersama keluarga di rumah termasuk pengetahuan tentang pertolongan pertama dan lain-lain.

Sedangkan ketika terjadi gempa, tindakan paling mendasar yang dilakukan adalah perlindungan dan penyelamatan diri bagi setiap anggota keluarga.

IMRAN, SE, MSM

“Yang penting ketika terjadi gempa usahakan tetap tenang, jangan panik,” kata Imran, SE, Pengurus Forum PRB Aceh yang duduk di Bidang Kebijakan dan Manajemen PRB.

Menurut Imran, selain kesiapsiagaan pada kondisi normal dan tindakan yang dilakukan saat terjadi gempa, juga ada satu tahapan penting lainnya yaitu tindakan pascagempa.

“Pengetahuan dan informasi pascabencana akan sangat membantu anggota keluarga dalam masa pemulihan,” tandas aktivis kebencanaan tersebut.

Selengkapnya tentang tindakan apa saja yang harus dilakukan pada kondisi normal, saat gempa maupun ketika gempa berakhir, lihat dan pelajari brosur info. “Bencana alam bukan untuk dilawan tetapi bagaimana kita meminimalisir dampak dari bencana itu sendiri,” demikian Imran.(redaksi)

Apa Komentar Anda?

Komentar