SIGANA, Tabloid Siaga Bencana BPBA Reborn

314
Cover depan Tabloid SIGANA edisi perdana 2018.

ACEHTIME.com | BANDA ACEH –  Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) kembali menerbitkan Tabloid Siaga Bencana atau SIGANA yang sempat terhenti sejak lima tahun lalu.

Edisi perdana pasca-mati suri diluncurkan tahun 2018 ini sekaligus menjadi kado 100 hari kepemimpinan HT Ahmad Dadek sebagai Kepala Palaksana BPBA yang dilantik oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf melalui Wakil Gubernur Nova Iriansyah pada 16 April 2018.

Kalangan pegiat dan aktivis kebencanaan menyembut baik inisiatif Kalak BPBA menerbitkan kembali SIGANA. “Tabloid ini mejadi salah satu referensi tentang kebencanaan, info bencana, dan berbagai kebijakan pemangku kepentingan di Aceh terkait pengurangan risiko bencana. SIGANA reborn, selamat, semoga bisa menjadi bacaan yang bukan saja menarik, tetapi juga penting,” begitu tanggapan Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh, Nasir Nurdin.

Kalak BPBA, T Ahmad Dadek menginformasikan, edisi perdana SIGANA Tahun 2018 mengangkat laporan utama tentang kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan pembenahan kinerja yang dilakukan BPBA selama 100 hari kepemimpinannya.

Selain itu, pada edisi perdana tersebut juga disajikan berbagai menu menarik lainnya, misalnya tentang 15 program unggulan Pemerintah Aceh (Irwandi-Nova) 2017-2022 di mana sdalah satunya adalah Aceh Green yang merupakan penegasan terhadap pembangunan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan yang sensitif terhadap risiko bencana.

Juga ada laporan tentang Gua Ek Luntie (Gua Kotoran Kelelawar) di Kecamatan Lhoong, Aceh Besar yang mengungkap tentang tsunami purba di Aceh pada 7.400 tahun lalu. Juga ada tulisan khas dari wartawan Serambi Indonesia yang juga penyair nasional, Fikar W Eda tentang kehebatan warga Simeulue menghadang tsunami dengan smong

“Kami memberikan garansi jika edisi perdana ini memiliki berbagai menu unggulan yang layak dibaca sekaligus diharapkan bisa mengobati kerinduan pada Tabloid SIGANA yang sempat hilang selama lima tahun. Insya Allah SIGANA edisi perdana 2018 juga akan kami bagi-bagikan pada PKA ke-7 pada Agustus mendatang,” demikian Kalak BPBA, Teuku Ahmad Dadek.(redaksi)

 

 

Apa Komentar Anda?

Komentar