Launching Maskot dan Logo PORA XIII; Optimisme Menjelang 18.11.2018

482
Suasana malam peluncuran maskot dan logo PORA XIII di The Pade Hotel, Aceh Besar, Jumat (9/3/2018).ACEHTIME.com/Syahril Ahmad

 

ACEHTIME.com | Aceh Besar – Logo dan maskot Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII yang dijadwalkan dihelat di Jantho, ibu kota Kabupaten Aceh Besar mulai 18 November 2018 secara resmi diluncurkan di The Pade Hotel, Aceh Besar, Jumat (9/3/2018) malam.

Peluncuran maskot dan logo PORA XIII dihadiri Bupati Aceh Besar, Ir.  Mawardi Ali bersama jajaran SKPK dan Forkopimda , Ketua KONI Aceh Muzakir Manaf,  pelaku olahraga, dan panitia pelaksana.

Suasana malam peluncuran maskot dan logo PORA XIII di The Pade Hotel, Aceh Besar, Jumat (9/3/2018).ACEHTIME.com/Syahril Ahmad

Acara diawali presentasi makna logo dan maskot serta berbagai persiapan yang telah dilakukan dipaparkan oleh Sekretaris Umum Panitia Pelaksana (PP) PORA XIII, T Dasya Kusuma Putra.

Menurut Dasya, maskot yang digunakan pada PORA XIII adalah gajah putih yang merupakan hewan yang masih terjaga keberadaannya di Aceh Besar. Hewan yang dikenal dengan panggilan Po Meurah di masyarakat Aceh tersebut juga dikenal sebagai kendaran Sultan Iskandar Muda.

“Kekuatan dan kecerdasan hewan ini diharapkan menginsipirasi para atlet untuk berkompetisi secara sportif dan menjadi pemenang,” kata Dasya didampingi tim kreatif PORA XIII.

Sementara itu untuk logo PORA XIII 2018 dipilih kombinasi obor dengan api yang bergelora dan rencong Aceh. Kedua objek pada struktur utama logo berupa tangkai obor dari abstraksi bentuk rencong dan api obor dari fragmen warna adalah simbol kearifan lokal Aceh. “Bentuk abstraksi rencong memiliki kemiripan dengan bentuk hurup  ‘J’ yang berarti Jantho, tempat PORA XIII dilaksanakan,” urai Dasya.

Suasana malam peluncuran maskot dan logo PORA XIII di The Pade Hotel, Aceh Besar, Jumat (9/3/2018).ACEHTIME.com/Syahril Ahmad

Pada kesempatan itu, Sekretaris Umum PP PORA XIII, T Dasya Kusuma Putra juga menayangkan slide berbasis teknonologi  3D tentang Jantho Sport City dan berbagai venue yang akan segera dikerjakan. Menurutnya, dalam sisa waktu beberapa bulan ke depan, berbagai pekerjaan terus dilaksanakan, baik fisik maupun non-fisik.

Menurut panitia, ada 29 cabor yang akan diperlombakan/dipertandingkan di even PORA XIII dengan keterlibatan atlet sebanyak 4.584. “Aceh Besar menanggung semua kebutuhan konsumsi untuk para atlet,” kata Dasya disambut gemuruh tepuk tangan hadirin.

Selain itu, panitia juga telah melakukan serangkaian promosi, seperti branding maskot dan logo PORA melalui baliho dan kerja sama dengan pihak ketiga, di antaranya dengan Trans Kutaraja untuk pemasangan logo dan maskot PORA XIII di bus umum milik Pemerintah Aceh tersebut.

Rangkaian launching maskot dan logo PORA XIII, Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali juga mengukuhkan Kontingen PORA Aceh Besar dipimpin Dandim 0101/BS, Kolonel Iwan Rosandriyanto dan pengukuhan PP PORA XIII di bawah kendali Drs. Iskandar, M.Si yang juga Sekda Aceh Besar.

Sepanjang berlangsungnya acara hingga pukul 23.00 WIB, terlihat wajah-wajah optimis dari unsur pimpinan daerah, panitia, dan pelaku olahraga. Tepuk tangan nyaris tak pernah henti pada setiap sesi acara maupun penyampaian kata sambutan, baik oleh Bupati Aceh Besar maupun Ketua KONI Aceh, Muzakir Manaf. Inilah spirit dan optimisme menjelang deadline 18.11.2018, sekitar tujuh bulan lagi. Semoga.(*)

Apa Komentar Anda?

Komentar