Air Terjun Piramida, Sensasi di Bumi Samalanga

1253
PIRAMIDA8
PIRAMIDA7
PIRAMIDA6
PIRAMIDA5
PIRAMIDA4
PIRAMIDA3
PIRAMIDA2
PIRAMIDA1

Laporan Khusus ACEHTIME.com

SAMALANGA merupakan salah satu satu dari 17 kecamatan di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Kecamatan yang memiliki 46 gampong (desa) dengan jumlah penduduk lebih 26.000 jiwa ini bukan hanya dikenal karena kuatnya kehidupan keagamaan—ditandai banyaknya dayah dan lembaga pendidikan Islam lainnya—tetapi juga pesona alamnya yang mengundang decak kagum.

Bicara pesona alam Samalanga, bisa jadi Anda langsung teringat dengan sejumlah objek wisata seperti Batee Iliek, Pantai Peuneulet Baroh, Pantai Calok, Pantai Ulee Kareung, dan sejumlah lokasi lainnya. Namun, di luar yang sudah cukup Anda kenal itu, ternyata Samalanga masih menyimpan banyak potensi wisata yang tak kalah eksotis, baik yang sudah dikelola maupun yang masih menunggu sentuhan.

Salah satu objek wisata baru di Samalanga adalah Air Terjun Piramida di kawasan Gampong Alue Barat. Air Terjun yang masih sangat alami ini baru saja dibuka untuk umum setelah sebelumnya tersembunyi rapat dalam dekapan alam dan kesunyian. Hanya pencari kayu dan rotan yang mengetahui keberadaan air terjun yang satu ini.

Keberadaan Air Terjun Piramida tidak lepas dengan sosok seorang pemuda Gampong Alue Barat bernama Zulfikar. Suatu hari, dalam pesan WhatsApp-nya kepada saya, pemilik akun Facebook; https://www.facebook.com/zul.fikar.05 ini menulis, “Assalamualaikum. Kenalkan, saya Zulfikar, anggota RAPI Kecamatan Samalanga dengan callsign JZ01FZK. Saat ini saya sedang mengembangkan desa wisata di Gampong Alue Barat, Kecamatan Samalanga. Mohon bantuan untuk menyukseskan program kami.”

Zulfikar juga memperkenalkan diri sebagai Direktur Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Alue Barat dengan salah satu unit usahanya adalah pariwisata air terjun.

Zulfikar mengatakan, Air Terjun Piramida memiliki keunikan, di antaranya bebatuannya berbentuk segitiga. Ini pula yang menginspirasi Zulfikar menamakan destinasi wisata baru itu Air Terjun Piramida.

Kini, dengan kerja keras Zulfikar dan kawan-kawan, didukung oleh masyarakat Gampong Alue Barat melalui BUMG-nya, objek wisata Air Terjun Piramida yang dulunya susah ditembus semakin terbuka. Zulfikar jugalah yang melemparkan gagasan untuk membuka jalan alternatif ke lokasi agar bisa mempersingkat jarak tempuh sekaligus bisa dilewati berbagai jenis kendaraan.

Gagasan Zulfikar untuk membuka jalan alternatif disetujui dengan memanfaatkan dana desa. Maka, sejak Desember 2017, jalan alternatif itu pun dibuka. Pekerjaan besar ini tidak sia-sia. Pengunjung semakin ramai mendatangi objek wisata tersebut. Tidak hanya dari Kecamatan Samalanga tetapi juga berbagai kecamatan lainnya di Bireuen termasuk dari luar daerah.

Empat Tingkat

Air Terjun Piramida semakin mengagumkan karena memiliki setidaknya empat tingkat, dan setiap tingkatnya memiliki ketinggian antara empat sampai lima meter. Air terjun ini berada dalam satu area berbentuk bejana sehingga terlihat seperti kolam renang alami. Pepohonan dan hutan lebat di sekitarnya seakan menjadi benteng yang tangguh untuk mengamankan semua kesempurnaan yang dimilikinya. Cuacanya yang sejuk semakin menguatkan hasrat untuk selalu berada di sana.

Zukfikar berani memberikan garansi jika Air Terjun Piramida adalah pilihan terbaik untuk menikmati sensasi alam. Air Terjun Piramida juga menjadi objek sempurna bagi penggila selfi.

Tak sabar untuk ke sana? Panduan perjalanannya cuku gampang. Jika Anda dari arah Medan, 400 meter sebelum sampai Simpang Matang Samalanga, di sebelah kiri ada simpang tiga yang disebut Simpang Alue. Nah, dari Simpang Alue ini Anda terus menuju ke Alue Barat berjarak sekitar 7,5 kilometer melintasi jalan beraspal yang kondisinya cukup bagus.

Selanjutnya dari Desa Alue Barat bisa melanjutkan perjalanan dengan sepeda motor atau berjalan kaki di badan jalan yang baru dibuka sejauh lebih kurang 1,5 kilometer sambil menikmati indahnya panorama hingga ke lokasi Air Terjun Piramida yang menjadi titik akhir sebuah petualangan menakjubkan.(*)

Apa Komentar Anda?

Komentar