Proyek Jantho Sport City Dimulai, Miliki 11 Fasilitas Pendukung PORA

393
Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali meletakkan batu pertama pembangunan Jantho Sport City di Taman Meuligoe Kota Jantho, Rabu (28/2/2018).ACEHTIME.com/Syahril Ahmad

ACEHTIME.com | Kota Jantho – Pembangunan Jantho Sport City di Kota Jantho, ibu kota Kabupaten Aceh Besar dimulai ditandai peletakan batu pertama oleh Bupati Mawardi Ali, Rabu (28/2/1018).

Seperti diketahui, Aceh Besar dipercaya sebagai tuan rumah PORA XIII yang dijadwalkan berlangsung pada November mendatang. “Pembangunan Jantho Sport City ini menjadi tonggak awal keberhasilan PORA,” kata Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali.

Sport Center yang dibangun di Taman Meuligoe Kota Jantho tersebut memiliki areal seluas 9 hektare. Mawardi berharap semua cabang PORA bisa dipusatkan di Kota Jantho, kecuali ada beberapa cabang yang belum memungkinkan seperti menembak, renang, dan dayung.

Menurut Mawardi, Jantho Sport City di Kota Janto akan dilengkapi 11 fasilitas bertaraf nasional di antaranya stadion mini, gedung A, B, C, D, gedung olahraga bela diri, bulutangkis, dan panjat tebing.
“Semua fasilitas diharapkan selesai dibangun sebelum PORA berlangsung,” tandas Mawardi,

Proyek bidang olahraga yang menjadi venue awal pendukung PORA tersebut akan menghabiskan anggaran Rp 7,8 miliar lebih. Dengan adanya fasilitas olahraga lengkap di ibukota Kabupaten Aceh Besar diharapkan Kota Jantho akan menjadi kawasan wisata.

Sport Center tersebut, lanjut Mawardi juga bisa digunakan untuk pendukung PON 2024 jika memang Aceh menjadi tuan rumah bersama dengan Sumut.

Sekda Aceh Besar selaku Ketua Umum Panitia Penyelenggara (PP) PORA XIII, Iskandar didampingi sekretarisnya, T Dahsya Kusuma Putra menargetkan pembangunan semua sarana dan prasarana PORA XIII rampung Oktober 2018 sehingga ada waktu yang cukup untuk ujicoba.

Dengan dukungan APBA, APBK, dan Otsus, Iskandar berkeyakinan tidak ada persoalan. Bahkan, lanjutnya, sejumlah venue sudah ada yang selesai pada 2017 seperti lapangan tenis, futsal, dan renovasi lapangan sepakbola. “Dengan dukungan semua pihak kami yakin Aceh Besar mampu mengemban kepercayaan sebagai tuan rumah PORA XIII,” ujar Iskandar.

Ketua KONI Aceh diwakili Faisal Saifuddin menambahkan, dalam waktu dekat akan turun tim KONI Pusat untuk melihat persiapan PORA XIII termasuk fasilitas pendukung yang sudah maupun yang sedang dibangun.

Harapan agar semua pihak mendukung suksesnya PORA XIII di Aceh Besar juga disuarakan Wakil Ketua Komisi VI DPRA, Sulaiman Ali.

“Bukan hanya sukses sebagai tuan rumah tetapi Aceh Besar juga harus sukses menjadi juara umum PORA XIII,” kata Sulaiman Ali, putra Aceh Besar yang akrab disapa Ayah Leman ini. (ril)

Apa Komentar Anda?

Komentar