Saat Tanaman Padi Berumur 45 Hari, Petani Aceh Besar Gelar Khanduri ‘Dara Pade’

546
MASYARAKAT Gampong Jalin, Kecamatan Kota Jantho berbaur bersama TNI melaksanakan khanduri blang ‘dara pade’ di desa tersebut, Jumat (23/2/2018). FOTO/DOK RAMIL 17

ACEHTIME.com|Aceh Besar – Komandan Koramil 17/Jantho, Kapten Inf Juari, S.Sos bersama anggotanya menghadiri khanduri blang ‘dara pade’ (kenduri syukuran tanaman padi berumur 45 hari) di Desa Jalin, Kecamatan Kota Jantho, Aceh Besar, Jumat (23/2/2018).

Laporan yang diterima ACEHTIME.com, saat ini di sebagian wilayah Kodim 0101/BS khususnya di Aceh Besar tanaman padi telah memasuki masa pertumbuhan (umur 45 hari yang diistilahkan pade dara oleh petani setempat).

Komandan Koramil 17/Jantho, Kapten Inf Juari, S.Sos mengatakan, sejak menjelang turun ke sawah hingga masa panen, petani Aceh Besar melaksanakan tiga kali kenduri syukuran, yaitu khanduri troen u blang (kenduri turun ke sawah), khanduri dara pade (kenduri saat tanaman padi sedang masa pertumbuhan, berumur 45 hari), dan yang terakhir kenduri masa panen.

Tradisi kenduri syukuran, baik menjelang turun ke sawah, saat tanaman padi dalam masa pertumbuhan  maupun ketika panen dilaksanakan dengan penuh keikhlasan oleh petani sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT.

“Petani terus berusaha sambil berdoa agar diberi keselamatan dan dijauhkan dari berbagai macam gangguan sehingga panen tahun ini lebih baik dari sebelumnya,” kata Kapten Juari.

Menurut Danramil 17/Jantho, melalui tradisi kenduri tersebut juga bisa mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan antara TNI dengan masyarakat maupun antara sesama masyarakat itu sendiri, baik yang berprofesi sebagai petani maupun yang bukan petani.(rel)

Apa Komentar Anda?

Komentar