Difasilitasi TNI, Masyarakat Desa Bayu Ikrarkan Komitmen Menjaga Hutan

574

 

MENJAGA hutan agar tetap lestari menjadi komitmen bersama masyarakat Desa Bayu, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar.FOTO/DOK RAMIL 01

ACEHTIME.com|Aceh Besar – Menjaga hutan agar tetap lestari bukan hanya sebatas slogan tetapi diikrarkan dalam bentuk komitmen oleh masyarakat Desa Bayu, Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar. Komitmen bersama itu disampaikan secara terbuka oleh masyarakat dengan difasilitasi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Bayu, Koramil 01/Seulimeum.

Komitmen tesebut diikrarkan secara terbuka dalam bentuk pemasangan spanduk bertuliskan; “Kami Warga Gampong Bayu Berkomitmen Menjaga dan Melestarikan Hutan Dengan tidak Membuka Lahan Dengan Cara Membakar Hutan dan Lahan”. Spanduk komitmen bersama itu dipasang di Desa Bayu, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, Jumat (23/2/2018).

Babinsa Desa Bayu, Serka Agus Lasmiardi mengatakan, pemasangan spanduk ini merupakan komitmen bersama dengan warganya dalam rangka menjaga dan melestarikan hutan di wilayah desa binaan. “Ini merupakan suatu langkah yang sangat positif, supaya lahan hutan kita tetap terjaga dan tetap lestari,” kata Serka Agus.

Menurut Agus, sebagian besar wilayah Desa Bayu merupakan kawasan hutan, karena itu dengan adanya komitmen bersama ini masyarakat tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar hutan. “Itu artinya tidak ada lagi buka lahan dengan cara dibakar, gunakanlah cara lain yang lebih baik dan efisien,” kata Serka Agus.

Serka Agus berharap komitmen ini dapat diikuti oleh warga di desa lain khususnya di Kabupaten Aceh Besar yang terdapat lahan hutannya.

“Saya harap ini bisa jadi contoh bagi warga lain, apalagi di wilayah yang ada hutannya, sehingga hutan kita jadi lebih awet dan dapat dinikmati sampai ke anak cucu kita nanti” demikian Babinsa Desa Bayu.(rel)

Apa Komentar Anda?

Komentar