Abu Vulkanis Bisa Matikan Mesin Pesawat

407
FAIZAL ADRIANSYAH

ACEHTIME.com – Anggota Dewan Pakar Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh yang juga pengamat bencana kegeologian, Ir Faizal Adriansyah MSi mengingatkan tentang bahaya abu vulkanis yang menurutnya bisa mematikan mesin pesawat.

Warning yang diposting Faizal ke grup WhatsApp Forum PRB Aceh pagi ini menulis tentang bahaya abu vulkanis sebagaimana dampak erupsi Gunung Sinabung saat ini.

Menurut Faizal, kalau gempa vulkanik tidak masalah karena bersifat lokal hanya dirasakan oleh orang yang dekat dengan gunungapi.

Terjadinya gempa vulkanik karena desakan magma sehingga dinding gunung dan tanah sekitarnya bergetar.

“Beda dengan gempa tektonik yang bergetar lempengan bumi jadi getarannya regional seperti piring digoyang,” tulis Faizal yang juga Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan  Aparatur (PKP2A) IV LAN.

Yang sangat berbahaya dari letusan gunungapi, menurut Faizal adalah dampak sekundernya seperti abu vulkanis bisa mengotori udara dan radiusnya bisa sangat jauh tergantung volume abu yang dimuntahkan dan arah angin.

Selain itu, lanjutnya, debu gas beracun juga bisa muncul tapi biasanya di sekitar gunungapi.

“Abu vulkanis sangat berbahaya bagi penerbangan, bahkan menurut ahli penerbangan bisa membuat mati mesin pesawat,” demikian Faizal Adriansyah.(*)

Apa Komentar Anda?

Komentar