“Valentine’s Day, Binatang Apa Itu? Dari Mana Asalnya? Saya Melarang Perayaannya di Aceh”

1274
Gubernur Irwandi Yusuf didampingi Kepala Biro Humas-nya, Mulyadi Nurdin. (Foto detik.com)

ACEHTIME.com – Akun Facebook atas nama Irwandi Yusuf menulis status begini: VALENTINE’S DAY Binatang apa itu? Dari mana asalnya? Saya melarang perayaannya di Aceh.”

Pada pukul 17.55 WIB atau setelah 38 menit status tersebut diposting telah mendulang 223 komentar, 107 kali berbagi, dan 605 menyukai.

Status tersebut berkaitan dengan berita yang dilansir sejumlah media online termasuk yang dikutip ACEHTIME.com dari detik.com edisi Selasa (13/2/2018) siang.

Baca: Gubernur Irwandi tak Keluarkan Larangan Rayakan Valentine’s Day di Aceh

Sebagaimana dilansit detik.com,
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatakan pihaknya tidak mengeluarkan larangan terkait perayaan hari Valentine’s Day di Aceh. Menurutnya Valentine’s Day dapat dilaksanakan asal tidak berlebihan.

“Nggak, nggak keluarkan surat, sebetulnya perayaan (boleh saja) asal jangan berlebihan, itu hukumnya mubah (boleh) asal jangan timbul ekstravaganzanya,” kata Irwandi di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Irwandi kembali menegaskan pandangannya saat ditanya soal boleh atau tidaknya Valentine’s Day di Aceh. Perayaan Valentine’s Day boleh asal tidak melanggar hukum.

“Itu saya diam saja. Artinya apa? Artinya mubah, boleh. Asal jangan melanggar hukum,” ujarnya.

Selain menulis di akun Facebooknya, Irwandi Yusuf juga meluruskan pernyataan melalui sejumlah media online, antara lain sebagaimana dikutip dan dilansir antero.kini.com dengan menegaskan perayaan Valentine’s Day tidak sesuai dengan budaya Aceh dan bertentangan dengan syariat Islam yang sedang digalakkan di Aceh.

Terkait tersiarnya berita seakan-akan dirinya membolehkan perayaan Valentine’s Day sebagaimana diwawancarai wartawan di depan istana Wakil Presiden, Jakarta, Irwandi Yusuf menjelaskan dirinya tidak bermaksud seperti yang diberitakan tersebut.

Menurut Irwandi saat itu dia sedang menjawab beberapa pertanyaan termasuk soal investasi, agenda bertemu Wapres, pelarangan waria, larangan perayaan tahun baru dan lain-lain.

“Saya berpikir pertanyaan tersebut bukan soal Valentine Day, karena ramainya wartawan, pertanyaan kurang jelas terdengar,” demikian Irwandi Yusuf.(*)

Apa Komentar Anda?

Komentar