Pelat Tambahan di Tabung Elpiji Sudah Lama Dicurigai, Sengaja Ditempel, Ini Tujuannya

1652
Tabung elpiji 3 kg yang ditempel pelat tambahan dan sempat diributkan oleh konsumen.

ACEHTIME.com – Temuan tabung elpiji 3 kg yang memiliki pelat tambahan (ditempel pada bagian tabung) dengan ukuran bervariasi sudah sejak lama dicurigai oleh masyarakat. Terakhir, seorang konsumen di Aceh Besar juga melaporkan kecurigaan yang sama.

Seperti diberitakan ACEHTIME.COM edisi Sabtu (10/2/2018), seorang konsumen gas elpiji di Aceh Besar menemukan kejanggalan pada tabung gas 3 kg karena ada pelat tambahan yang menempel (dilas) pada fisik tabung.

Baca: Konsumen Gas Elpiji Pertanyakan Pelat Tambahan pada Tabung 3 Kg

“Tabung gas elpiji seharusnya steril dari berbagai komponen tambahan yang bisa memunculkan kecurigaan masyarakat,” ujar konsumen tersebut.

Konsumen lainnya sempat menyuarakan melalui akun Facebook atas nama Yusri Ve. “Mohon Perhatian Pihak Pertamina, LKI, Kepolisian dan Pemerintah Aceh, apa tujuan penambahan/dilas plat besi pada tabung Elpiji 3 Kg yg beredar di masyarakat?”

Penelusuran ACEHTIME.com, kecurigaan terhadap pelat tambahan yang menempel di tabung elpiji 3 kg mencuat sejak 2015 dan pernah diberitakan sejumlah media.

Waktu itu, salah satu media online, Brio.net edisi 28 Oktober 2015 mengutip penjelasan Humas Pertamina, Wianda Pusponegoro yang pada intinya menegaskan, tempelan pelat itu bukan praktik kecurangan oleh Pertamina, dalam hal ini Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE), malah sebaliknya agar masyarakat (konsumen) tidak dirugikan.

Ini penjelasan lengkapnya:

#. Tabung elpiji 3 kg memiliki berat kosong 5 kg, masa edar tabung elpiji 3 kg adalah lima tahun. Informasi tersebut tertera pada tabung elpiji 3 kg;

#. Apabila masa edar sudah mencapai lima tahun maka tabung ditarik untuk dilakukan pengetesan ulang dan dilakukan re-sertifikasi kelayakan edar terhadap tabung elpiji 3 kg;

#. Tabung elpiji 3 kg termasuk kategori bejana tekan dan untuk proses re-sertifikasi dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja;

#. Dinas Tenaga Kerja merupakan instansi yang memiliki kewenangan dalam pengawasan bejana tekan dan mengeluarkan sertifikasi kelayakan edar tabung;

#. Tabung elpiji 3 kg kondisi kosong dikalibrasi berat kosongnya, sehingga akan ada dua kondisi yang muncul yaitu:
a. Apabila berat tabung kosong di bawah 5 kg dan di luar range toleransi maka tabung elpiji 3 kg akan ditarik;

b. Apabila berat tabung kosong di bawah 5 kg namun masih di dalam range maka dilakukan kalibrasi dengan menambahkan pelat balancer;

c. Apabila tabung yang sudah dikalibrasi memenuhi ketentuan lainnya yang dipersyaratkan oleh Dinas Tenaga Kerja maka tabung tersebut akan diedarkan kembali selama 5 tahun.

#. Tabung elpiji 3 kg kondisi kosong yang sudah layak edar dan mendapat sertifikasi dari Dinas Tenaga Kerja akan dikirim ke Stasiun Pengisian Bulk Elpiji untuk dilakukan pengisian.(*)

Apa Komentar Anda?

Komentar