Konsumen Gas Elpiji Pertanyakan Pelat Tambahan pada Tabung 3 Kg

974
Tabung gas elpiji 3kg yang ada tempelan pelat sebagaimana difoto oleh salah seorang konsumen di Aceh Besar, Sabtu (10/2/2018).

ACEHTIME.com – Konsumen gas elpiji menemukan kejanggalan pada tabung gas 3 kg berupa pelat tambahan yang menempel (dilas) pada fisik tabung dengan ukuran bervariasi.

Informasi adanya pelat tambahan yang menempel pada fisik tabung dilaporkan seorang konsumen dari salah satu desa di Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar kepada wartawan di Banda Aceh, Sabtu (10/2/2018).

“Tabung gas elpiji seharusnya steril dari berbagai komponen tambahan yang bisa memunculkan kecurigaan masyarakat,” ujar konsumen tersebut yang mengaku sudah mengamankan sebabyak tiga tabung yang tidak standar.

Kecurigaan terhadap tabung gas elpiji 3 kg yang memiliki tempelan pelat sempat pula diposting ke Facebook oleh pemilik akun Yusri Ve.

Pemilik akun menulis, “Mohon Perhatian Pihak Pertamina, LKI, Kepolisian dan Pemerintah Aceh, apa tujuan penambahan/dilas plat besi pada tabung Elpiji 3 Kg yg beredar di masyarakat?

Penelusuran ACEHTIME.com, pada umumnya tabung gas elpiji 3 kg dalam kondisi standar. Karenanya wajar saja jika konsumen mempertanyakan ketika menemukan tabung yang memiliki tempelan pelat yang membuat tampilannya menjadi tidak standar.

Menurut ketentuan, berat tabung gas elpiji 3 kg adalah 5 kg. Dengan demikian berat total setelah berisi gas menjadi 8 kg.

Sejauh ini belum didapat penjelasan resmi dari pihak Pertamina mengenai temuan tabung gas elpiji 3 kg yang memiliki tempelan pelat.

Sumber-sumber ACEHTIME.com menyebutkan setiap tabung yang keluar dari Pertamina dipastikan standar dan terjamin keamanan penggunaannya.

“Kalau ditemukan cacat atau ada tempelan plat seperti dilaporkan itu, dipastikan tidak akan dilepas ke masyarakat,” kata sumber tersebut sambil menambahkan, “menurut saya memang harus ditelusuri kenapa ada tabung seperti itu.” (*)

Apa Komentar Anda?

Komentar