Bukit Aroya Tapaktuan Jadi Arena Jambore RAPI Aceh Selatan

843
INDRA GIWANK/JZ01TJ

ACEHTIME.com – Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah Aceh Selatan menggelar Jambore RAPI yang dipusatkan di Bukit Aroya Tapaktuan, Sabtu-Minggu (10-11/2/2018). Even tingkat wilayah tersebut menjadi ajang silaturahmi sesama anggota RAPI sekaligus memperkuat kapasitas anggota terkait teknik komunikasi serta penanggulangan bencana.

Informasi pelaksanaan Jambore RAPI Aceh Selatan diterima ACEHTIME.com dari Ketua RAPI Aceh, Nasir Nurdin/JZ01BNN dengan mengutip laporan yang disampaikan Ketua RAPI Aceh Selatan, Indra Giwank/JZ01TJ.

Even tersebut merupakan salah satu program kerja Pengurus RAPI Aceh Selatan. Pengurus RAPI Aceh mendukung dan mengapresiasi  ide kreatif kawan-kawan RAPI di sana. Banyak pembelajaran yang bisa mereka dapatkan dari kegiatan itu, termasuk yang paling utama adalah tetap terjalinnya kekompakan dan silaturahmi didasari semangat kerelawanan,” kata Ketua RAPI Aceh.

Jambore RAPI Aceh Selatan diikuti anggota dari Lokal (kecamatan) yang ada di jajaran RAPI Wilayah Aceh Selatan termasuk unsur pengurus dan Satuan Tugas Komunikasi (Satgaskom). Kegiatan dua hari itu mengusung tema; Rukun di Udara, Akrab di Darat, Iman di Hati.

Jambore RAPI Aceh Selatan akan diisi dengan sejumlah materi  pelatihan untuk peningkatan kapasitas anggota, di antaranya Tatacara Berkomunikasi (dalam kondisi normal maupun darurat) yang dipandu oleh dua pemateri yaitu Edwar Norris/JZ01TEN yang juga DP2OW RAPI Aceh Selatan dan Basyah Wali/JZ01TE.

Materi lainnya adalah Komunikasi Medik dipaparkan oleh Syairul Basni SKM/TSB selaku Sekretaris RAPI Aceh Selatan, Teknik Penggunaan Radio Komunikasi oleh Arie Kurniawan Amirul/JZ01TFQ, serta materi dan praktik penanggulangan bencana melibatkan instruktur dari PMI.

Agenda lain yang akan mewarnai Jambore RAPI Aceh Selatan adalah ‘RAPI Idol’ dengan penanggungjawab Bambang Preyetno/JZ01TBP.

Jambore RAPI Aceh

Ketua RAPI Aceh menambahkan, untuk skala provinsi ada agenda dua tahunan yaitu Jambore RAPI Aceh.

Jambore RAPI Aceh telah dilaksanakan sebanyak tiga kali, yaitu di Takengon pada 2011, di Kabupaten Pidie (Seulawah) 2014, Cot Girek, Aceh Utara pada 2016, dan Jambore RAPI IV di Calang, Aceh Jaya yang dijadwalkan November 2018.(*)

Apa Komentar Anda?

Komentar