Wawancara Soal Jilbab Pramugari Berbuntut Panjang, KPI Tegur CNN Indonesia

5151
Bupati Aceh Besar Ir.Mawardi Ali dan Presenter CNN Indonesia Indra Maulana (Foto Ist)

ACEHTIME.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh meminta melalui KPI Pusat untuk memberikan sanksi tegas terhadap CNN Indonesia terkait wawancara stasiun televisi tersebut dengan Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali tentang kewajiban pramugari mengenakan hijab/jilbab ketika berada di wilayah Aceh Besar.

Baca: Terkait Wawancara Jilbab Pramugari, Bupati Aceh Besar Merasa Seperti Diinterogasi

Ketua KPI Aceh, Muhammad Hamzah kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu (7/2/18) menyebutkan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, KPI berwenang melakukan pengawasan program siaran berdasarkan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI.

Berdasarkan pemantauan dan hasil analisis KPI Aceh, ditemukan pelanggaran pada program siaran CNN Indonesia Prime News yang ditayangkan TransVision pada 1 Februari 2018 pukul 19.30 WIB.

Program yang dipandu presenter Indra Maulana tersebut, menurut Muhammad Hamzah menayangkan wawancara melalui telepon dengan Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali.

Tema wawancara malam itu terkait surat yang ditujukan Bupati Aceh Besar kepada sejumlah maskapai penerbangan yang mewajibkan pramugari mengenakan busana muslimah (termasuk jilbab) saat berada di wilayah Aceh Besar.

Baca: Pramugari Diwajibkan Berpakaian Muslimah Saat Masuk Aceh Besar

“KPI Aceh mendapat banyak laporan keberatan dari masyarakat atas berlangsungnya wawancara tersebut,” ungkap Muhammad Hamzah.

Menurut KPI Aceh, pewawancara kurang memahami konteks dan konstruksi hukum (qanun) yang berlaku di Aceh sehingga wawancara tidak mencerminkan penghormatan atas keyakinan, keunikan, dan budaya lokal. Bahkan, Bupati Aceh Besar yang dihubungi ACEHTIME.com sebelumnya menilai pewawancara seperti menginterogasi dirinya.

“Posisi saya seperti bukan lagi seperti sumber (pejabat) yang dimintai konfirmasi. Saya merasa diinterogasi dan terkesan seperti lawan debat. Makanya dengan terpaksa saya tidak melanjutkan wawancara,” ujar Mawardi.

Sementara itu KPI Aceh mendapati beberapa pelanggaran dalam program siaran tersebut, yakni pelanggaran atas Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 6, Pasal 8,  Pasal 22 ayat (2), Pasal 35 huruf (b) dan pasal 27 ayat (3) serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 40 huruf (a).

“Karena studio CNN Indonesia di Jakarta, maka KPI Aceh meminta kepada KPI Pusat memberikan sanksi tegas kepada CNN Indonesia. Setiap lembaga penyiaran wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan dalam penayangan program siaran,” demikian Muhammad Hamzah.(*)

Apa Komentar Anda?

Komentar