Intelijen: Korut Gunakan Kedutaan di Berlin untuk Dapatkan Teknologi Nuklir

207
Seorang pria memperhatikan siaran berita TV mengenai uji nuklir Korea Utara di sebuah toko elektronik di Seoul, Korea Selatan, Minggu (3/9/2017). (Han Jong-Chan/Yonhap/via REUTE)

ACEHTIME.com – Kepala badan intelijen dalam negeri Jerman, Sabtu (3/2), mengungkapkan bahwa Korea Utara memperoleh peralatan dan teknologi untuk program nuklir dan senjata melalui kedutaan mereka di Berlin.

Kepala BfV Hans-Georg Maassen menyatakan: “Kami telah memperhatikan bahwa banyak aktivitas pengadaan telah dilakukan dari kedutaan.”

“Menurut kami, pengadaan itu untuk program rudal, tetapi sebagian juga untuk program nuklir,” tambah Maassen dalam wawancaranya dengan saluran televisi umum Jerman ARD, yang akan disiarkan pada Senin.

Meski informasi yang sebenarnya tentang teknologi itu tidak dirinci, kepala intelijen tersebut mengatakan bahwa perlengkapan itu akan digunakan untuk tujuan sipil dan militer.

“Ketika kami melihat hal seperti itu, kami menghentikan mereka. Namun, kami tidak bisa memastikan bahwa kami dapat memblokir setiap upaya,” katanya seperti dikutip AFP.

Badan intelijen dalam negeri Jerman memperoleh petunjuk tentang pengadaan teknologi tersebut pada 2016 dan 2017, menurut penyelidikan ARD.

Pada 2014, mereka mengatakan bahwa diplomat Korea Utara mencoba memperoleh peralatan yang digunakan dalam pengembangan senjata kimia. (kn/antaranews.com)

Apa Komentar Anda?

Komentar