Kesepian Bikin Serangan Jantung !

250
Ilustrasi Serangan Jantung

ACEHTIME.com – Kesepian ternyata dapat memengaruhi kualitas hidup kamu, bahkan membuat jantung menderita. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine, hidup sendiri atau bahkan merasa kesepian-meningkatkan risiko seseorang meninggal lebih cepat, seperti dilansir Health yang dikutip Uzone.id pada Sabtu (3/2/2018).

Satu studi diikuti hampir 45.000 orang berusia 45 tahun ke atas yang menderita penyakit jantung atau berisiko tinggi dalam mengembangkan kondisinya. Mereka yang tinggal sendiri, studi tersebut menemukan, lebih mungkin meninggal karena serangan jantung, stroke, atau komplikasi jantung lainnya selama periode empat tahun daripada orang yang tinggal dengan keluarga atau teman, atau dalam beberapa pengaturan komunal lainnya.

Resikonya paling tinggi pada orang paruh baya, hanya 14% di antaranya tinggal sendiri. Hidup dalam kesendirian meningkatkan risiko masalah jantung dan kematian dini sebesar 24% di antara orang-orang berusia 45 sampai 65 tahun, dan hanya 12% di antara orang-orang berusia 66 sampai 80 tahun. Sementara, tidak ada hubungan sama sekali pada orang berusia 80 dan lebih tua.

Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendalami lebih jauh mengenai temuan ini. Tetapi, bukan ide buruk bagi dokter untuk bertanya kepada pasien jantung tentang situasi kehidupan mereka, kata penulis senior Deepak L. Bhatt, MD, seorang ahli jantung di Rumah Sakit Brigham dan Wanita, di Boston.(uzone.id)

Apa Komentar Anda?

Komentar