Terkait Wawancara Jilbab Pramugari, Bupati Aceh Besar Merasa Seperti Diinterogasi

21938
Bupati Aceh Besar Ir.Mawardi Ali dan Presenter CNN Indonesia Indra Maulana (Foto Ist)

ACEHTIME.com – Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali mengaku seperti diinterogasi ketika dimintai konfirmasi oleh CNN Indonesia terkait suratnya kepada maskapai penerbangan untuk ikut mendukung penerapan syariat Islam termasuk kewajiban berbusana muslimah bagi pramugari ketika berada di wilayah Aceh Besar pada khususnya.

Baca: Pramugari Diwajibkan Berpakaian Muslimah Saat Masuk Aceh Besar

Mawardi membenarkan dirinya dihubungi melalui telepon oleh wartawan pada Kamis (1/2/2018) malam yang memintai konfirmasi terkait dasar hukum suratnya kepada sejumlah maskapai penerbangan yang salah satu penegasan adalah kewajiban bagi pramugari mengenakan busana muslimah saat berada di wilayah Aceh Besar.

“Awalnya saya mengira diwawancarai oleh reporter radio, ternyata tivi CNN,” kata Mawardi.

Menurut Mawardi, dia sudah menjelaskan semua dasar hukum suratnya yaitu kekhususan Aceh tentang syariat Islam sebagaimana diatur oleh qanun dan undang-undang tentang keistimewaan Aceh.

“Saya juga mengatakan bahwa pihak maskapai penerbangan termasuk pramugari sangat mendukung kebijakan tersebut. Nyatanya yang mewawancarai saya terkesan tidak memposisikan saya sebagai sumber untuk sebuah konfirmasi tetapi membenturkan dengan berbagai argumen lain, walaupun sudah berkali-kali saya katakan bahwa dasar hukumnya adalah syariat Islam yang berlaku di Aceh termasuk Undang-Undang tentang keistimewaan Acsh,” tandas Mawardi.

Mawardi juga mengakui, karena wawancara sudah menjadi ajang seperti perdebatan, dia tidak melanjutkan. “Untuk apa saya lanjutkan kalau saya tidak lagi merasa sebagai pejabat yang akan dimintai konfirmasi tapi sudah menjadi lawan debat,” demikian Bupati Aceh Besar.

Selengkapnya tonton video wawancara Bupati Aceh Besar dengan CNN Indonesia.

Apa Komentar Anda?

Komentar