Wapres Kalla Sebut Hubungan Hati ke Hati Indonesia-Jepang adalah Kunci

123
Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika ditemui di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (16/1/2018). (KOMPAS.com/ MOH NADLIR)

ACEHTIME.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang. Kalla yakin, hubungan kedua negara di sejumlah sektor semakin baik lagi di masa yang akan datang.

“Saya yakin hubungan hati ke hati adalah kunci untuk membuat kita tetap bergandengan tangan, bekerjasama dan maju bersama sebagai mitra yang setara di dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” ujar Kalla dalam perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang di Hotel Kempinski, Jakarta, Sabtu (20/1/2018).

60 tahun lanjut Kalla, merupakan waktu yang panjang dalam interaksi antar kedua negara. Selama itu, Indonesia-Jepang telah mencapai sejumlah kerja sama yang sangat intens.

Di bidang ekonomi misalnya, Jepang merupakan negara investor terbesar nomor dua di Indonesia. Telah ada 1.800 lebih perusahaan Jepang yang berinvestasi di tanah air serta berkontribusi dalam mendorong peningkatan daya saing sekaligus memajukan perekonomian Indonesia.

“Jepang juga adalah salah satu mitra dagang utama bagi Indonesia,” sebut Kalla.

Di sektor politik, Indonesia-Jepang juga dinilai memiliki kerjasama yang solid. Salah satunya, penandatanganan kemitraan strategis bagi masa depan damai sejahtera yang telah ditandatangani masing-masing kepala negara tahun 2006.

Di sektor hubungan antarmasyarakat, Indonesia-Jepang juga dinilai berjalan dinamis. Kalla menyebut, intensitas saling kunjung antarmasyarakat kedua negara mengalami perkembangan yang pesat.

“Saya sangat gembira bahwa anak muda berprestasi berperan sangat aktif di dalam memperkuat hubungan antarmasyarakat. Hal itu sangat jelas dalam berbagai kerjasama terkait ilmu pengetahuan, pendidikan dan kebudayaan,” ucap Kalla.

Persahabatan tulus

Wapres Kalla juga senang perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang ini dirayakan di Hotel Kempinski. Hotel tersebut, lanjut Kalla, merupakan salah satu bangunan yang dibangun oleh Jepang.

Kalla tambah gembira karena banyak warga negara Jepang mengenakan batik pada saat perayaan kali ini.  “Itu tanda persahabatan yang tulus antara Indonesia dengan Jepang,” ujar Kalla.

“Peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang merupakan kesempatan emas bagi kedua negara. Tidak hanya bagi pemerintah, namun juga bagi semua kalangan, termasuk generasi muda untuk dijadikan momentum titik tolak mempererat tali persahabatan yang dinamis di masa depan,” lanjut dia.(Kompas)

Apa Komentar Anda?

Komentar